Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumat, 12 Juli 2013

BERPIKIR KRITIS DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN



A.      PENDAHULUAN
Dalam kehidupan sehari-hari dan setiap aktivitas, manusia selalu terlibat di dalam pengambilan suatu keputusan, baik keputusan sederhana maupun yang kompleks. Proses dalam pengambilan keputusan selalu terkait dengan proses berpikir kritis..
Berpikir kritis merupakan topik utama dan penting dalam pendidikan modern. Sebagai seorang pendidik, diharapkan tertarik untuk mengajarkan bagaimana berpikir kritis kepada peserta didiknya. Para pendidik sebaiknya mengajarkan peserta didiknya “how to think” bukan “how to learn”. Tujuan khusus mengajar berpikir kritis dalam ilmu pengetahuan atau disiplin ilmu lainnya adalah untuk meningkatkan keahlian peserta didik dalam berpikir dan mempersiapkan para peserta didik menjadi lebih berhasil di dunia ini. Oleh karena itu guru harus memiliki pengetahuan mengenai cara meningkatkan keterampilan berpikir kritis untuk menunjang proses pengambilan keputusan para siswa.
Karena pentingnya pembahasan mengenai berpikir kritis dan peranannya dalam pengambilan keputusan, maka kami akan membahas mengenai berpikir kritis, indikator berpikir kritis, membangun pemikiran kritis, pengambilan keputusan, fase pengambilan keputusan serta peranan berpikir kritis dalam pengambilan keputusan dalam makalah ini.

B.       BERPIKIR KRITIS
1.      Pengertian Berpikir Kritis
            Salah satu sasaran utama  bersekolah yaitu  meningkatkan kemampuan siswa untuk berpikir kritis. Berpikir kritis tidaklah mudah seperti halnya menghafal karena berpikir kritis kita harus menggabungkan kata-kata yang berhubungan dengan masalah yang dihadapi.
            John Dewey, filsuf, psikolog, dan edukator berkebangsaan Amerika, secara luas dipandang sebagai ‘bapak’ tradisi berpikir kritis modern. Ia menamakan ‘berpikir reflektif’ dan mendefinisikannya sebagai:
Pertimbangan yang aktif, persistent (terus menerus), dan teliti mengenai sebuah keyakinan atau bentuk pengetahuan yang diterima begitu saja dipandang dari sudut-sudut alasan-alasan yang mendukungnya dan kesimpulan-kesimpulan lanjutan yang menjadi kecenderungannya (Dewey,1909:9)
             Edward Glaser (1941:5) mengembangkan gagasan Dewey dan mendefinisikan berpikir kritis sebagai:
(1) suatu sikap yang mau berpikir secara mendalam tentang masalah-masalah dan hal-hal yang berada dalam jangkauan pengalaman seseorang; (2) pengetahuan tentang metode-metode pemeriksaan dan penalaran yang logis; dan (3) semacam suatu keterampilan untuk menerapkan metode-metode tersebut. Berpikir kritis merupakan upaya keras untuk memeriksa setiap keyakinan atau pengetahuan asumtif berdasarkan bukti pendukungnya dan kesimpulan-kesimpulan lanjutan yang diakibatkannya.
               Paul, Fisher dan Nosich (1993:4) memberikan definisi berpikir kritis yang kelihatan agak berbeda dengan definisi-definisi yang diberikan di atas. Definisi itu adalah sebagai berikut:
Berpikir kritis adalah mode berpikir-mengenai hal, substansi atau masalah apa saja-dimana si pemikir meningkatkan kualitas pemikirannya dengan menangani secara terampil struktur-struktur yang melekat dalam pemikiran dan menerapkan standar-standar intelektual padanya. (Fisher,2007:4)
               Berdasarkan beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis adalah proses yang harus dilakukan seseorang untuk mencapai hasil atau keputusan yang tepat dan bijaksana dengan cara melaksanakan proses menggali, mengenali, dan menilai segala hal yang terkait seperti, nilai-nilai, fakta dan informasi, pengetahuan yang dimiliki dan dibutuhkan untuk menjadi bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan.
Facion (dalam Istanto, 2012) mengungkapkan enam kemampuan berpikir kritis utama  yang terlibat di dalam proses berpikir kritis, yaitu:
1.        Interpretasi : kategorisasi, dekode, mengklarifikasi makna
2.        Analisis : memeriksa gagasan, mengidentifikasi argumen
3.        Evaluasi : menilai pernyataan, menilai argumen
4.        Inferensi : mempertanyakan pernyataan, memikirkan alternatif, menarik kesimpulan, memecahkan masalah,  membuat keputusan
5.        Penjelasan : menyatakan masalah, menyatakan hasil,  mengemukakan kebenaran prosedur, mengemukakan argumen
6.        Regulasi diri : meneliti diri, mengoreksi diri
2.    Indikator Berpikir Kritis
Menurut Ennis dalam Muhfahroyin (2009: 1) ada 12 indikator kemampuaan berpikir kritis yang dikelompokkan menjadi 5 aspek kemampuan berpikir kritis, yaitu:
a.       Memberikan penjelasan secara sederhana (meliputi: memfokuskan pertanyaan, menganalisis pertanyaan, bertanya dan menjawab pertanyaan tentang suatu penjelasan).
b.      Membangun keterampilan dasar (meliputi: mempertimbangkan apakah sumber dapat dipercaya atau tidak, mengamati dan mempertimbangkan suatu laporan hasil observasi).
c.       Menyimpulkan (meliputi: mendeduksi dan mempertimbangkan hasil deduksi, menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi, membuat dan menentukan nilai pertimbangan).
d.      Memberikan penjelasan lanjut (meliputi: mendefinisikan istilah dan pertimbangan definisi dalam tiga dimensi, mengidentifikasi asumsi).
e.       Mengatur strategi dan taktik (meliputi: menentukan tindakan, berinteraksi dengan orang lain).

Menurut Orlich Donald C. dkk (1998) terdapat beberapa unsur pemikiran kritis, terdiri dari: (1) mengidentifikasi isu, (2) mengidentifikasi hubungan antara unsur-unsur, (3) menyusun kesimpulan implikasi, (4) menyimpulkan motif, (5) menggabungkan unsur-unsur independen untuk menciptakan pola pikir baru (kreativitas), (6) membuat interpretasi asli (kreativitas).
3.      Membangun Pemikiran Kritis
            Berikut merupakan beberapa cara yang para guru gunakan untuk membangun pemikiran kritis dalam rencana pembelajaran mereka:
a.    Tanyakan tidak hanya apa yang terjadi, tetapi juga “bagaimana” dan “mengapa”.
b.    Periksalah “fakta-fakta” yang dianggap benar untuk menentukan apakah terdapat bukti untuk mendukungnya.
c.    Berargumen dengan cara bernalar daripada menggunakan emosi.
d.   Kenalilah bahwa kadang-kadang terdapat lebih dari satu jawaban atau penjelasan yang bagus.
e.    Bandingkan beragam jawaban dari sebuah pertanyaan dan nilailah mana yang benar-benar merupakan jawaban terbaik.
f.  Evaluasi dan lebih baik menanyakan apa yang dikatatakan orang lain daripada segera menerimanya sebagai kebenaran.
g.    Ajukan pertanyaan dan lakukan spekulasi lebih jauh yang telah kita ketahui untuk menciptakan ide-ide baru dan informasi-informasi baru. (Santrock,2009:11)

C.  PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Pengambilan keputusan (desicion making) adalah melakukan penilaian dan menjatuhkan pilihan. Keputusan ini diambil setelah melalui beberapa perhitungan dan pertimbangan alternatif. Sebelum pilihan dijatuhkan, ada beberapa tahap yang mungkin akan dilalui oleh pembuat keputusan. Tahapan tersebut bisa saja meliputi identifikasi masalah utama, menyusun alternatif yang akan dipilih dan sampai pada pengambilan keputusan yang terbaik.
1.      Pengertian Pengambilan Keputusan
Secara umum, pengertian pengambilan keputusan telah dikemukakan oleh banyak ahli, diantaranya adalah :
a.    G. R. Terry : Mengemukakan bahwa pengambilan keputusan adalah sebagai pemilihan yang didasarkan kriteria tertentu atas dua atau lebih alternatif yang mungkin.
b.    Claude S. Goerge, Jr : Mengatakan proses pengambilan keputusan itu dikerjakan oleh kebanyakan manajer berupa suatu kesadaran, kegiatan pemikiran yang termasuk pertimbangan, penilaian dan pemilihan diantara sejumlah alternatif.
c.    P. Siagian : Pengambilan keputusan adalah suatu pendekatan sistematis terhadap suatu masalah, pengumpulan fakta dan data, penelitian yang matang atas alternatif dan tindakan.
2.      Tahap  Pengambilan Keputusan
Menurut Sir Francis Bacon Proses Pengambilan Keputusan terdiri atas 6 tahap, yaitu sebagai berikut :
1.      Merumuskan/mendefinisikan masalah. Tahap ini merupakan usaha untuk mencari permasalahan yang sebenarnya.
2.      Pengumpulan Informasi yang Relevan. Tahap ini merupakan pencarian faktor-faktor yang mungkin terjadi sehingga dapat diketahui penyebab timbulnya masalah.
3.      Mencari Alternatif Tindakan. Tahap ini merupakan pencarian kemungkinan yang dapat ditempuh berdasarkan data dan permasalahan yang ada.
4.      Analisis Alternatif. Tahap ini merupakan analisis terhadap setiap alternatif menurut kriteria tertentu yang sifatnya kualitatif atau kuantitatif.
5.      Memilih Alternatif Terbaik. Tahap ini merupakan pemilihan alternatif terbaik yang dilakukan atas kriteria dan skala prioritas tertentu.
6.      Melaksanakan Keputusan dan Evaluasi Hasil. Tahap ini merupakan tahap pelaksanaan dan pengambilan tindakan. Umumnya tindakan ini dituangkan ke dalam rencana tindakan. Evaluasi hasil memberikan masukan/umpan balik yang bergunan untuk memperbaiki suatu keputusan atau mengubah tujuan semula karena telah terjadi perubahan-perubahan.

D.      Berpikir Kritis dalam Proses Pengambilan Keputusan
Pemikiran kritis dibutuhkan dalam proses pengambilan keputusan. Jika melihat proses pengambilan keputusan, pemikiran kritis memiliki beberapa peranan, diantaranya :
a.    Membantu dalam mengindentifikasi masalah yang dihadapi
b.    Membantu dalam mengumpulkan informasi yang relevan
c.    Membantu dalam menganalisis alternatif-alternatif pemecahan masalah untuk menentukan pilihan terbaik
d.   Membantu mengevaluasi keputusan yang sudah diambil. (Istanto,2012)

Menurut Osman (2005) ada beberapa hal yang dapat menghalangi proses berpikir kritis dalam pengambilan keputusan, antara lain: (1) sulit berubah, mind set yang kaku, petunjuk praktek secara tradisional, kebiasaan dan rutinitas; (2) takut membuat kekeliruan; (3) enggan untuk mengambil resiko atau mencari strategi alternatif; (4) pengambilan keputusan tanpa cukup data atau tanpa didukung oleh dasar pemikiran rasional; (5) kegagalan menilai efektivitas dari pengobatan.(Ivone,2010)

E.       Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran
                 Salah satu upaya agar siswa menjadi aktif dan kritis dalam pembelajaran adalah dengan menyelenggarakan pembelajaran yang menekankan pada partisipasi siswa untuk mampu berpikir kritis. Untuk itu diperlukan pengelolaan pembelajaran yang lebih melibatkan siswa sehingga mampu dan terlatih berpikir kritis.      
                 Salah satu model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran adalah Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Pembelajaran ini melatih dan mengembangkan kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang berorientasi pada masalah otentik dari kehidupan aktual siswa, serta merangsang kemampuan berpikir tingkat tinggi. Melalui PBM, peserta didik mengkonstruksikan pengetahuan di benak mereka sendiri sesuai dengan pengalaman belajarnya. Proses pembelajaran berjalan alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan hanya transfer pengetahuan dari guru ke siswa. Dengan adanya pengaitan antara materi pelajaran dengan masalah- masalah kehidupan nyata memungkinkan siswa untuk belajar mandiri. Siswa melakukan pengamatan, mencari informasi, mengungkapkan gagasan, bertanya, menjawab dan saling berdiskusi dalam proses pembelajaran.
Dengan demikian, penerapan pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Selain itu siswa dapat berlatih mencari jawaban atas suatu masalah dengan cara mencari informasi, mengolah dan mengambil keputusan.
F.       Daftar Rujukan
       Fisher,Alec.2007.Berpikir Kritis:Sebuah pengantar.Jakarta:Erlangga
Ijul,Zulkifli.2011.Pengertian Pengambilan Keputusan. Diakses dari http://www.manajemenn.web.id/2011/04/pengertian-pengambilan-keputusan.html tanggal 10 April 2013
Istanto,Adela.2012.Berpikir Kritis dan Pengambilan Keputusan. Diakses dari http://www.adelaistanto.blogspot.com  tanggal 9 April 2013
Ivone,July.2010. Critical Thinking, Intelectual Skills, Reasoning And Clinical Reasoning. Bandung: Fakultas Kedokteran Universitas Maranantha
Muhfahroyin. 2009. Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis.Diakses dari  http://muhfahroyin.blogspot.com diakses 9 April 2013
Mustaji.2009.Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran. Diakses dari http://pasca.tp.ac.id/site/ pengembangan – kemampuan-berpikir-kritis-dan-kreatif-dalam-pembelajaran tanggal 10 April 2013

Orclich, Donald C., Harder, Robert J., Callahan, Richard C., & Gibson,Harry W.1998. Teaching Strategies. Boston New York: Houghton Mifflin Company

Santrock,John W.2009.Psikologi Pendidikan (Educational Psikologi).Jakarta:Salemba Empat
Slavin,Robert E.2006.Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik.Jakarta:Indeks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar